Indeks

14 Parpol di Pohuwato Resmi Ajukan Dokumen Perbaikan Bacaleg

Abstrak.id – Sebanyak 14 Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Pohuwato sudah mengajukan dokumen perbaikan Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pohuwato.

Hal ini diungkapkan langsung Ketua KPU Pohuwato, Firman Ikhwan saat menggelar Konferensi Pers, di KPU Pohuwato, Senin (10/7/2023).

“Secara nasional Parpol yang mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024, totalnya sebanyak 18 Parpol. Diantaranya 15 Parpol tingkat pemilihannya anggota DPRD Pohuwato, sementara 3 Parpol lainnya tidak mengajukan pendaftaran bacalegnya ,” ungkap Firman Ikhwan.

Diketahui, 3 Parpol yang tidak mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 itu yakni Partai Hanura, PSI dan Garuda.

Dari 15 Parpol yang mendaftarkan bacalegnya itu, saat diverifikasi administrasinya dikembalikan ke Parpol, lalu Parpol tersebut mengajukan lagi perbaikan dokumen persyaratan.

“Olehnya, dari selang waktu 26 Juni hingga 9 Juli 2023, hanya 14 Parpol yang sudah mengajukan perbaikan dokumen bacalegnya,” terangnya.

Adapun ke 14 Parpol tersebut yaitu PKB, PKS, Perindo, PDI-P, Demokrat, Nasdem, PKN, Gelora, PPP, Partai Buruh, PAN, Golkar, PBB dan Gerindra.

Menurut Firman, Sesuai dengan PKPU nomor 10 tahun 2023, yang tahapannya di mulai dari Senin 26 Juni hingga batas akhir pendaftaran bacaleg, Minggu 9 Juli 2023, pukul 23.59 Wita.

Sedangkan, satu partai lainnya yakni Partai Ummat setelah pihak KPU Pohuwato mengkonfirmasi, itu tidak melakukan pengajuan perbaikan dokumen persyaratan bakal calon.

“Oleh karena itu, Partai Ummat tidak dapat kami terima berkasnya, sampai saat ini pukul 00.32 Wita, sebab Partai tersebut tidak datang. Dari total 15 hanya 14 Parpol yang mengajukan perbaikan dokumen tersebut,” kata Firman.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak KPU Pohuwato masih sementara menunggu perbaikan dokumen persyaratan dari 1 Parpol. (Ramlan/Abstrak).