Indeks

Biografi Sekretaris KPU Kabupaten Bolmut Chylvia Chendy Sondakh

Abstrak.id – Chylvia Chendy Sondakh, SH., MAP adalah seorang profesional yang berdedikasi, lahir di Kawangkoan pada tanggal 1 September Tahun 1981.

Sejak masa kecilnya di Desa Kanonang, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa, Provinsi Sulawesi Utara, Chylvia telah menunjukkan semangat dan tekad yang kuat dalam mengejar cita-cita.

Setelah menyelesaikan pendidikan dasar SD Gmim 1 Kanonang dan menempuh studi menengah di SMP Kristen Kawangkoan, Chylvia kemudian melanjutkan ke SMA Negeri 1 Kawangkoan.

Berkat ketekunan dan semangat belajar akhirnya membawa Chylvia menuju ke Universitas Samratulangi Manado, di mana ia mengambil jurusan Ilmu Hukum untuk gelar sarjana.

Guna menambah ilmu dan pengalaman, Chylvia kembali melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi dengan mengambil jurusan Administrasi Negara di Universitas Manado untuk gelar magister.

Pendidikan tinggi yang diperolehnya ini telah memberikan pondasi yang kuat bagi karirnya dalam bidang pelayanan publik.

Selain persoalan karir, Chylvia juga berupaya membangun keluarga yang harmonis dan menikah dengan seorang laki-laki bernama Johan Tewu pada tahun 2004.

Mereka dikaruniai dua orang anak. Masing-masing bernama Nisia Eunike Tewu dan Yosia Bertfran Tewu, yang menjadi sumber kebahagiaan serta motivasi dalam keluarga.

Pada tahun 2009, Chylvia memutuskan untuk mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil  yang akhirnya membuka jalan menuju karirnya di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Berkat kemampuan dan semangatnya, Chylvia berhasil ditempatkan di KPU Kota Tomohon. Sebuah lembaga tempat dia mengasah keterampilan dan pengetahuannya dalam lingkup pemilihan umum.

Seiring berjalannya waktu, Chylvia terus menunjukkan kualitas kepemimpinan dan dedikasi yang luar biasa.

Pada tahun 2017, dia pun dipercaya sebagai Kepala Sub Bagian Hukum di KPU Bolaang Mongondow Timur.

Saat ini, mulai Juli tahun 2023, Chylvia Chendy Sondakh menjabat sebagai Sekretaris di KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.

Dalam posisinya ini, dia bertanggung jawab untuk memastikan kelancaran operasional KPU serta menjaga integritas dan profesionalitas dalam proses pemilihan umum mendatang.

Dalam catatan keluarga serta rekan-rekannya, Chylvia adalah seorang ibu, juga isteri yang penuh kasih dan seorang profesional yang berdedikasi.

Selain fokus pada karirnya, dia juga menyempatkan waktu untuk keluarga tercinta.

Keberhasilannya dalam mencapai posisi penting di KPU adalah hasil dari kerja keras, komitmen, serta kecintaannya terhadap demokrasi, dan keadilan.

Dengan semangat dan dedikasinya, Chylvia Chendy Sondakh akan berupaya untuk berkontribusi  memperkuat sistem demokrasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara.