Bupati Pohuwato Pastikan Dana Hibah Pilkada 2024 Aman

Abstrak.id – Memastikan ketersediaan dana hibah untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Gorontalo bersama Bawaslu Kabupaten Pohuwato melakukan pertemuan dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, di rumah jabatan Bupati, Jumat (8/9/2023).

Dalam pertemuan itu, Bupati Saipul telah memastikan bahwa ketersediaan dana hibah untuk pilkada 2024 mendatang sudah disediakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato. Pada 2023 ini dana hibah yang disediakan tersebut sebesar 40 persen, sementara sisanya 60 persen akan dipenuhi pada APBD 2024.

“Pemkab Pohuwato siap untuk dana hibah tersebut dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024. Ini juga sudah kami sepakati pada APBD 2023 dan APBD 2024,” ujar Bupati Saipul.

Menurutnya, Pemkab Pohuwato wajib untuk menyediakan anggaran untuk hajatan lima tahunan tersebut, apalagi Pilkada kali ini akan dilaksanakan secara serentak.

Oleh karena itu, pihaknya kata Saipul, menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada pihak Bawaslu Provinsi dan Bawaslu Kabupaten Pohuwato yang sudah melakukan silaturahmi.

“Kami pun bersyukur telah dikunjungi oleh Bawaslu, ini menandakan bahwa pihak Bawaslu benar-benar menyeriusi dan memastikan kesiapan dari daerah itu dalam menghadapi Pilkada 2024 mendatang,” tuturnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi  Penanganan Pelanggaran, Bawaslu Provinsi Gorontalo, Jhon Hendri Purba menyampaikan bahwa pertemuan dengan Bupati Pohuwato ini selain silaturahmi juga memastikan ketersediaan dana hibah untuk pelaksanan Pilkada di Kabupaten Pohuwato untuk 2024.

“Ini juga instruksi dari Bawaslu RI untuk mengidentifikasi persoalan dana hibah untuk pelaksanaan Pilkada. Dan berdasarkan instruksi itulah kami melaksanakan koordinasi dengan Pemkab Pohuwato guna memastikan bagaimana komitmen dengan pemkab Pohuwato terhadap ketersediaan dana hibah tersebut,” kata Jhon Hendri Purba.

Selaku pihak Bawaslu, dirinya pun  merasa bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati Pohuwato yang sudah memberikan kepastian terkait dana hibah tersebut.

“Dengan demikian, kami kira untuk persoalan penyelenggaraan Pilkada 2024 dari sisi anggaran Pemda Pohuwato sudah siap,” tutupnya. (Ramlan/Abstrak).