Indeks

Ditemukan Berstatus Anggota BPD Aktif, Bacaleg Partai Demokrat Pohuwato Ini Terancam Dicoret KPU

Abstrak.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato menemukan salah satu Anggota BPD Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa yang juga sebagai Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) DPRD Pohuwato 2024  masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS).

Hal ini diungkapkan langsung Ketua KPU Pohuwato melalui Divisi Teknis Penyelenggaraan, Dian F.Pakaya, saat diwawancarai awak media ketika melakukan verifikasi faktual, di Dinas PMD Pohuwato, Senin (4/9/2023).

“Setelah kita telusuri, dan berdasarkan penjelasan pihak dinas PMD, yang bersangkutan benar masih aktif sebagai Anggota BPD di Desa Bulili, Kecamatan Duhiadaa. Beliau saat ini sudah masuk DCS, dan belum menyerahkan surat pengunduran diri ,” ungkap Dian Pakaya.

Dia mengatakan bahwa pihak PMD Pohuwato pun mengaku hingga saat ini belum melihat surat pengunduran diri dari anggota BPD tersebut.

Tak hanya itu, surat pengundurannya pun tak dimasukan ketika melakukan penginputan dokumen melalui Silon.

“Sehingga kami pun pihak KPU tidak tau kalau yang bersangkutan itu adalah Anggota BPD. Nanti ada masukan dan tanggapan masyarakat mengenai hal tersebut, baru kami menelusuri lagi itu, dengan melakukan klarifikasi di instansi terkait,” terang Dian.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun Abstrak.id, salah satu anggota BPD Desa Bulili yang terdaftar dalam DCS tersebut dari Partai Demokrat.

Menindaklanjuti masukan dan tanggapan masyarakat itu, pihak KPU Pohuwato kata Dian, langsung bergerak menemui Kepala Desa Bulili dan BPD setempat untuk memintakan klarifikasi mengenai hal tersebut.

“Kami hanya ingin memastikan saja ke BPD dan ke Kepala Desa, apakah beliau ini masih berstatus anggota BPD atau tidak. Jika ini benar, dampaknya nanti yang bersangkutan kita nyatakan tidak memenuhi syarat (TMS),” katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Bulili,  Muhtar Lopuo saat dikonfirmasi menyampaikan bahwa dirinya tidak mengetahui salah satu anggota BPD di wilayahnya tersebut terdaftar sebagai Bacaleg dari salah satu Partai Politik (Parpol).

“Saya juga belum tau kalau siapa, belum ada juga yang melapor,” tutupnya singkat. (Ramlan/Abstrak).