Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks
Bolmut  

LIN Apresiasi Panselda CASN Bolmut Wujudkan Keadilan

Abstrak.id – Ketua DPC Lembaga Investigasi Negara (LIN) Candi Momouke, mengapresiasi langkah tegas Panselda Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) berani mewujudkan keadilan dalam proses seleksi CASN Tahun 2023.

Panselda CASN Bolmut dengan keberanian dan integritasnya telah membatalkan hasil seleksi karena diduga bermasalah serta memberikan kesempatan bagi peserta yang sebelumnya dirugikan.

Dalam temuan LIN Bolmut sebelumnya, tim verifikator BKPSDM Bolmut melakukan kesalahan dengan tidak mencentang berkas Sertifikasi Kompetensi Inseminator, yang seharusnya memberikan nilai tambahan kepada peserta tersebut.

Kegagalan ini menyebabkan peserta yang seharusnya mendapatkan nilai tertinggi pada bidang yang ia lamar, justru dinyatakan tidak lulus.

Sebelumnya, LIN Bolmut juga menyoroti temuan kelalaian tim verifikator BKPSDM Bolmut yang berpotensi merugikan salah satu peserta ujian.

Namun, setelah ada tindak lanjut, Candi Momouke menyambut baik tindakan Panselda CASN Bolmut yang dengan cepat merespons masalah ini dan mengambil keputusan untuk membatalkan hasil seleksi yang berdampak.

“Dalam konteks menjaga keadilan, LIN Bolmut memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada Panselda CASN Bolmut yang telah berani mengambil langkah tegas untuk memastikan proses seleksi berjalan adil. Keputusan membatalkan hasil seleksi yang bermasalah ini adalah langkah yang sangat tepat dan membuktikan komitmen mereka terhadap integritas dan transparansi,” ujar Candi Momouke dalam pernyataannya, Minggu, 4 Februari 2024.

Candi menyebut keberanian tindakan tersebut telah sesuai dengan Pasal 38 Ayat (1) Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2023 yang menjelaskan Panselnas berhak membatalkan hasil akhir seleksi PPPK.

“Hal itu boleh dilakukan jika penyelenggaraan tidak sesuai dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh instansi pemerintah masing-masing seperi contoh di atas,” ujarnya.

Selain itu, Candi juga mengajak seluruh pihak terkait, termasuk Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Bolmut untuk bekerja sama dalam memastikan agar proses seleksi CASN berjalan dengan lancar dan transparan di kemudian hari.

Keberhasilan Panselda CASN Bolmut dalam menangani kasus ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi daerah lain dalam menghadapi tantangan serupa.

“Kami berharap bahwa tindakan Panselda CASN Bolmut ini dapat menjadi preseden positif dalam menjaga integritas dan keadilan dalam setiap proses seleksi ASN di masa mendatang,” tambah Candi.

Candi berharap keputusan Panselda CASN Bolmut ini dapat memberikan keyakinan kepada masyarakat terkait komitmen pemerintah daerah dalam menjalankan rekrutmen ASN dengan transparan, adil, dan berkeadilan.