Panjatkan Syukur, Marten Taha Bagikan Daging Kurban pada Warga Kota Gorontalo

  • Bagikan

Abstrak.id – Wali Kota Marten Taha dan sanak keluarganya membagikan daging kurban pada momentum Iduladha 1442 Hijriah ke sejumlah warga di Kota Gorontalo, Rabu, 21 Juli 2021.

Terdapat dua ekor sapi kurban yang disembelih di kediaman pribadi Wali Kota Gorontalo itu, di Kecamatan Dungingi, Kelurahan Huangobotu.

Saat diwawancarai sejumlah awak media, Wali Kota Marten Taha mengatakan Iduladha identik dengan dua kegiatan akbar yang senantiasa menjadi kewajiban umat Islam. Di antaranya, ibadah haji dan berkurban.

“Untuk ibadah haji itu sendiri, kita merasa sangat bersedih sekarang, karena selama Pandemi Covid-19, atau dua musim haji, Indonesia tidak memberangkatkan jemaah demi keselamatan bersama,” tutur Marten.

Namun, menurut Marten, hal itu merupakan keputusan yang sangat tepat dalam rangka menjaga kesehatan masyarakat dari virus corona.

“Kedua, yakni berkurban. Kurban ini dalam arti bahwa kita memberikan sesuatu bagi masyarakat yang tidak mampu, dengan mengurbankan apa yang kita miliki,” bebernya.

Dalam tradisi Iduladha ini, kata Marten, yang menjadi panduan dari umat Islam, yakni sejarah Nabi Ibrahim, yang diperintahkan untuk menyembelih Nabi Ismail. Namun, kemudian diganti dengan seekor kibas dan dagingnya diberikan kepada yang membutuhkan.

“Olehnya, sebagai panutan kita umat Islam, perlunya menyembelih hewan, entah itu sapi maupun kambing, dan semacamnya yang dianjurkan dalam Agama Islam,” imbuhnya.

Marten menjelaskan dirinya sangat bersyukur, atas limpahan rezeki yang diberi oleh Allah SWT. sehingga setiap tahunnya ia bisa berkurban, baik dalam kapasitasnya sebagai kepala daerah, maupun secara pribadi.

(RA-02/Abstrak)

  • Bagikan
Bebas