Peringati Harganas, PPKBPPPA Launching 5 Program Jitu Atasi Stunting

Yani Lasama beserta seluruh jajaran staf dan pegawai di DPPKBPPPA saat melepas Balon gas, sebagai tanda di launchingnya 5 program atas Stanting, yang dilaksanakan di kawasan patai Binuanga, Kecamatan Bolangitang Timur, Bolmut, Jumat (01/07/2022)

Abstrak.id – Dalam rangka memperingati Hari Keluargan Nasional (Harganas), Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPKBPPPA) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), terus berinovasi demi memberikan pelayan yang terbaik bagi masyarakat.

Pada momentum Harganas tahun ini, yang jatuh pada Tanggal 01 Juli 2022, berbagai terobosan program kegiatan terus dilakukan DPPKBPPPA.

Misalnya, penggunaan alat kontrasepsi yang saat ini sudah banyak menggunakan metode jangka panjang untuk mengukur jarak kelahiran.

Kemudian berbagai upaya lain yang sifatnya memberikan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh keluarga yang ada di Kabupaten Bolmut juga terus dilakukan.

“Pemakaian alat kontrasepsi dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Dimomentum Harganas tahun ini, kita berharap berbagai program yang akan kita luncurkan, bisa menjadi pemicu bagi keluarga untuk terus menerus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilakan generasi yang berkualitas dan kuantitas,” ucap Kepala Dinas PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama kepada media ini, Sabtu (02/07/2022).

Ket: Yani Lasama Saat menyampaikan sambutan pada kegiatan Harganas 2022 , yang berlangsung di kawasan Wisata Pantai Binuangga, kecamatan bolangitang Timur, Bolmut. Jumat (01/07/2022). Foto: Dok DPPKBPPPA

Yani Lasama mengungkapkan momentum Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) yang ke-29, pihaknya terus berupaya meningkatkan ketahanan dan kesejahteraan keluarga agar dapat menghasilakan generasi yang berkualitas.

Selain itu, pihaknya mengingatkan kembali akan pentingnya keluarga sebagai tempat persemaian anak-anak dalam membangun karakter dan menanamkan nilai-nilai sosial budaya di dalam keluarga.

“Kewajiban keluarga adalah menciptakan nilai-nilai kepribadian untuk membentuk nilai-nilai luhur yang akan menjadi bekal anak-anak yang nantinya akan terjun ke masyarakat,” tuturnya.

Ket: Peserta Kegiatan Harganas Tahun 2022, saat mendengarkan sambutan Kepala Dinas PPKBPPPA, bertempat di kawasan Wisata Pantai Binuangga, kecamatan bolangitang Timur, Bolmut. Jumat (01/07/2022). Foto: Dok DPPKBPPPA

Pembinaan dari usia  dini,  kata Lasama, sangant penting untuk terus dilakukan oleh orang tua di dalam keluarga.

“Hal itu untuk menjadi suatu kekuatan dalam keluarga baik di bidang kesehatan, ekonomi, social, dan budaya sebagai wahana yang tangguh demi terwujudnya harapan bersama,” beber Kepala Dinas PPKBP3A Bolmut Yani Lasama.

Lasama merincikan sejumlah program yang hingga saat ini terus dilakukan serta mendapatkan capaian maksimal berdasarkan hasil penilaian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Misalnya dalam hal penanganan stanting dari angka 43 menurun 1,61 persen secara langsung menjelaskan penanganan stunting didaerah terus membaik.

Ket: momen foto bersama, pada kegiatan Harganas 2022 , yang berlangsung di kawasan Wisata Pantai Binuangga, kecamatan bolangitang Timur, Bolmut. Jumat (01/07/2022). Foto: Dok DPPKBPPPA

“Kolaborasi beberapa instansi terkait terus berupaya dalam hal pencegahan stunting tim Kabupaten, Kecamatan hingga desa sebagai garda terdepan dalam mengawasi keluarga beresiko serta mendapatkan pendampingan yang serius dari tim yang suda dibentuk selama 1000 hari pertama kehidupan,” katanya.

Diketahui, peringatan Harganas  ke- 29 yang dilaksanakan di Desa Binuangga, kecamatan Bolangitang Timur itu, menjadi awal program inovasi tahun 2022 oleh Dinas  PPKBPPPA.

Program itu mulai dilaksanakan ditandai dengan pelepasan balon oleh Kadis PPKBPPPA Bolmut Yani Lasama.

Berikut 5 program inovasi tahun 2022 Dinas PPKBP3A Bolmut:

Bebas
Bebas Bebas Bebas
%d blogger menyukai ini: