Peringati HUT RI Ke-78, Percasi Bolmut Gelar Turnamen Catur

Abstrak.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-78, Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) menggelar turnamen catur.

Kegiatan yang diharapkan menjadi sarana mempererat tali silaturahmi di antara pemain catur ini dilaksanakan di Sekretariat Percasi Bolmut pada Senin, 14 Agustus 2023.

Ketua Percasi Bolmut, Jusnan Mokoginta, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini dalam rangka perayaan HUT RI serta sebagai upaya untuk mengembangkan dan memajukan olahraga catur di daerah.

“Turnamen ini tidak hanya menjadi bagian dari peringatan hari bersejarah bagi bangsa kita, tetapi juga sebagai ajang untuk memupuk semangat kompetisi sehat dan mempererat jalinan persahabatan di antara para pemain catur,” ujar Mokoginta.

Dirinya menyampaikan bahwa turnamen ini dikhususkan untuk pemain-pemain catur lokal daerah Kabupaten Bolmut.

“Kita ingin melihat pesatnya perkembangan catur di Bolmut melalui turnamen ini. Kami pengurus Percasi Bolmut berharap munculnya bibit-bibit unggul yang nantinya dapat mewakili daerah ini dalam kompetisi-kompetisi tingkat nasional bahkan internasional,” tambah Mokoginta.

Turnamen catur ini diikuti oleh puluhan peserta dari berbagai usia, baik anak-anak, remaja, maupun dewasa.

Dengan berbagai tingkat keahlian yang beragam, diharapkan turnamen ini menjadi panggung untuk berbagi pengetahuan, strategi, dan pengalaman di dunia catur.

“Seiring dengan semakin berkembangnya olahraga catur di daerah ini, diharapkan pula akan muncul generasi penerus yang tidak hanya handal dalam permainan, tetapi juga memiliki semangat nasionalisme yang tinggi,” pungkas Mokoginta.

(Aden/Abstrak)