Bolmut  

Pilkada Bolmut 2024 Dipastikan tak ada Jalur Perseorangan

Abstrak.id – Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) akan gelar pada 27 November Tahun 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolmut mulai melaksanakan sejumlah tahapan dalam menghadapi pesta demokrasi secara serentak pada tahun 2024 tersebut.

Salah satunya adalah membuka pendaftaran melalui jalur perseorangan. Sejumlah pihak menyebutnya jalur indpenden.

Namun, setelah KPU selesai melaksanakan tahapan jalur perseorangan, dipastikan bahwa peserta pelaksanaan Pilkada 2024 di Kabupaten Bolmut tak ada yang melalui jalur Independen.

Hal ini disampaikan langsung Ketua Divisi Teknis dan Penyelenggaraan Nur Apri Ramadan L. Usman.

“KPU Kab Bolaang Mongondow Utara secara resmi telah menutup pendaftaran pencalonan perseorangan Bupati dan Wakil Bupati Kab Bolaang Mongondow Utara Tahun 2024,” kata Apri Ramadan.

Hal itu, kata dia, telah di atur dalam PKPU No. 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Selain itu, juga diatur dalam Keputusan KPU No. 532 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pemenuhan Syarat Dukungan Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil bupati, serta Walikota dan Wakil walikota tahun 2024.

Keputusan itu telah menjabarkan terkait jadwal yang mana dilakukan pengumuman penyerahan dukungan pada tanggal 5 Mei 2024 sampai dengan 7 Mei tahun 2024.

Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan kepada KPU Kabupaten/Kota.

Penyerahan dokumen dimulai dari tanggal 8 mei 2024 sampai dengan tanggal 12 mei 2024 tepat pukul 23.59 Wita.

“Namun Sejak dibukanya pendaftaran melalui helpdesk KPU Bolmut, tak satupun menerima penyerahan dokumen perseorangan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati hingga berakhirnya proses penerimaan pendaftaran pada tanggal 8 Mei 2024 pukul 23.59 Wita,” jelas Apri Ramadan.

Ketua Divisi Teknis ini mengungkapkan KPU telah menyampaikan pengumunan secara resmi melalui website KPU Bolmut.

Tak hanya itu, pengumuman lewat media sosial serta media online terkait pengumuman sampai dengan proses penerimaan penyerahan dokumen syarat dukungan pasangan calon perseorangan juga telah dilakukan.

“Namun, tak ada yang mendaftarkan diri, sehingga kami pastikan tidak ada bakal calon bupati dan wakil bupati melalui jalur indpenden atau perseorangan pada pilkada 2024,” ujarnya.

Apri menambahkan bahwa syarat untuk calon perseorangan harus mendapat dukungan minimal 10 persen dari jumlah DPT pada pemilu terakhir yang tersebar 50 persen pada 6 kecamatan di Kabupaten Bolmut.