Indeks

Sambut Pergantian Tahun, Desa Gihang Gelar Tausiyah dan Dzikir Akbar

Abstrak.id – Menyambut pergantian Tahun 2021-2022 Pengurus Badan Kemakmuran Masjid At-Taqwa Desa Gihang bersama pemerintah desa menggelar Tausiyah dan Dzikir Akbar.

Pantauan Abstrak.id, kegiatan tersebut dilaksanakan pada Jumat malam (31/12/2021) yang dipusatkan di masjid At-Taqwa dan dihadiri seluruh masyarakat Desa Gihang, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut).

Puluhan Jemaah Dzikir yang berada di Masjid At-Taqwa Desa Gihang, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolmut, Jumat (31/12/2021). Foto: Zhandy/abstrak.id

Saip Kamaru selaku kepala desa setempat menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini digelar dalam rangka menyambut pergantian tahun dan juga sebagai ungkapan syukur Pemerintah dan Masyarakat Desa Gihang.

“Pelaksanaan Dzikir ini memiliki makna yakni sebagai ungkapan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat berupa rejeki, umur yang panjang, kesehatan dan kekuatan untuk senantiasa menjalani kehidupan. Selain itu juga kegiatan ini digelar untuk memeriahkan pergantian tahun yang dilakukan dengan cara hal-hal yang positif termasuk dengan mendekatkan diri kepada sang maha kuasa,” ungkap sangadi termuda di Desa Gihang.

Saip Kamaru selaku Kepala Desa Gihang, memberikan sambutan pada pelaksanaan Dzikir di Masjid At-Taqwa Desa Gihang, Kaidipang, Kab. Bolmut, Jumat (31/12/2021). Foto: Zhandy/Abstrak.id

Saip juga berpesan dalam pelaksanaan ini, dirinya berharap dapat terbangun ukhuwa islamiyah secara jamiah (persatuan, red) agar tercipta kedamaian dalam menunjang kelancaran program pembangunan yang ada di Desa Gihang.

“Saya dan Masyarakat pun berharap do’a dan harapan yang kita panjatkan seusai pelaksanaan dzikir ini, dapat teramini. Termasuk permohonan dalam pemberian kesehatan, kesabaran dan kekuatan serta ketaatan dalam menghadapi kondisi di masa pandemi Covid – 19,” tuturnya.

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bolmut melalui Dr. H. Amsari A. Gobel menyampaikan pelaksanaan Dzikir di akhir tahun seperti merupakan hal yang positif, mengingat perayaan di akhir tahun biasanya digelar dengan kegiatan heforia yang sifatnya menuju arah yang merugikan.

Dr. H. Amsari A. Gobel yang mewakili Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bolmut, saat menyampaikan Tausiyah sebagai pembuka Dzikir di Masjid At-Taqwa Desa Gihang, Kaidipang, Kab. Bolmut, Jumat (31/12/2021). Foto: Zhandy/Abstrak.id

“Menyambut pergantian tahun dengan acara keagamaan memang sudah seharusnya kita lakukan, saya meyakini bahwa ini yang terbaik karena kegiatan ini positif. Dengan dzikir dan sholawat bersama ini kita berharap Allah memberkahi kehidupan kita serta mendapat ridho dan syafaat dari Rasulullah kelak. Karena pergantian tahun ini menandakan pula kita semakin dekat dengan hari akhir hayat kita,” ucap Gobel dalam penyampaian tausiyahnya.

Selain mensyukuri nikmat di akhir tahun, Gobel juga menegaskan bahwa momen ini juga sebagai muhasabah, merenungi apa saja yang sudah kita lakukan sepanjang tahun. Ia berharap semoga di tahun 2022 nanti, kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Diketahui pelaksanaan Dzikir tersebut dipimpin oleh Utd Ikram F. Baba dan juga dihadiri perwakilan Kantor Kementrian Agama Kabupaten Bolmut Dr. H. Amsari A. Gobel, Sekertaris Camat Kaidipang, Kepala Desa Pontak Badria Buhang, Kepala Desa Gihang Saip Kamaru beserta jajaran aparat desa dan Masyarakat Desa Gihang, Desa Pontak dan Soligir.

(Zhandy/Abstrak)