Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks
Daerah  

Bupati Pohuwato: Peringatan HUT ke-21 Bentuk Ungkapan Rasa Syukur dan Evaluasi

Abstrak.id – Rapat Paripurna Istimewa DPRD dalam rangka Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-21 Kabupaten Pohuwato berlangsung di ruang sidang DPRD Pohuwato, Minggu (25/2/2024).

Turut hadir dalam acara tersebut, Pj. Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Wakil Bupati, Suharsi Igirisa, para Bupati/wali kota se-Provinsi Gorontalo, instansi vertikal provinsi, Forkopimda Pohuwato, Sekda Iskandar Datau, asisten, staf ahli bupati, pimpinan OPD.

Rapat Paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Pohuwato, Nasir Giasi dan dihadiri Anggota DPRD Pohuwato, nampak hadir pula para pejuang pemekaran Kabupaten Pohuwato, tokoh masyarakat, organisasi wanita, LSM.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan bahwa setiap tahun Pemerintah Daerah Pohuwato mengagendakan peringatan HUT daerah, bahkan telah dilegalkan dengan peraturan daerah.

Tidak lain tujuannya adalah untuk mengungkapkan rasya syukur seluruh rakyat atas berjalannya roda pemerintahan, pembangunan dan pembinaan masyarakat secara baik, lancar dan harmonis.

“Hal ini juga sekaligus menjadi momentum untuk mengevalusi dan kembali membangun spirit lebih besar lagi untuk percepatan pembangunan ke depannya, sebagaimana di cita-citakan oleh pendiri daerah ini yakni mewujudkan masyarakat sejahtera, religius dan mandiri,” ungkap Bupati Saipul.

Jika dilihat dari perkembangan ekonomi dan sosial makro daerah, patut disyukuri progresnya sangat baik. Di mana untuk pertumbuhan ekonomi yang pada kondisi Covid-19 lalu terkontraksi pada angka minus 0,18 persen, dan pada tahun 2023 sudah perlahan membaik pada angka 3,08 persen.

Demikian juga dengan indeks pembangunan manusia terus meningkat pada angka 67,17 persen, pengangguran pada angka 3,41 persen dan kemiskinan pada angka 17,42 persen.

“Walaupun terjadi progres baik sejak tahun terbentuknya Kabupaten Pohuwato tahun 2003, namun demikian butuh percepatan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat yang diindikasikan dengan kemiskinan yang masih dua digit, juga SDM dan kualitas infrastruktur pelayanan publik. Hal ini yang menjadi tantangan pemerintahan di masa datang yang mesti terus dicarikan strategi dan solusinya,” jelasnya.

Disisi lain, tiga tahun Pemerintahan SMS  ini berkat dukungan lembaga DPRD, dukungan Pemerintah Provinsi dan para perwakilan kita di pusat, terus berupaya bagaimana daya saing daerah terus bisa meningkat.

“Peningkatan daya saing daerah itu antaranya melalui pengembangan investasi yang diharapkan dampaknya pada penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi, dan peningkatan konektivitas wilayah salah satunya Bandara Panua Pohuwato” tutupnya.  (Ramlan/Abstrak).