Erwinsyah Ismail Usulkan Bus Pariwisata Dimanfaatkan untuk Fasilitasi Wisatawan dari Luar Darah

  • Bagikan
Erwinsyah Ismail

Abstrak.id – Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Gorontalo Erwinsyah Ismail mengusulkan agar bus pariwisata dapat dimanfaatkan untuk memfasilitasi para wisatawan dari luar daerah.

Dia berharap Pemerintah Provinsi Gorontalo bisa menyediakan layanan transportasi gratis para wisatawan yang berasal dari luar daerah. Sebab, untuk mendorong kemajuan sektor pariwisata, kata Erwin, maka dapat dilakukan dengan menyediakan bus ke lokasi wisata Gorontalo.

Upaya itu, kata Erwinsyah, dengan melakukan kolaborasi antara program, yang ada di dinas pariwisata dan dinas perhubungan. Misalnya, dengan memberlakukan tarif sebesar Rp5000 sekali perjalanan. Bahkan, kalau boleh dapat diberikan subsidi bagi para pelancong yang berasal dari luar Gorontalo.

“Kami menilai, dengan adanya bus gratis ini, tentunya akan menambah daya tarik wisatawan luar,” ungkap Erwinsyah saat melakukan monitoring dan evaluasi di tempat wisata Hiu Paus Desa Botu Barani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Sabtu (17/7/2021)

Politisi muda Partai Demokrat ini juga mendorong pemerintah daerah untuk mempromosikan tempat-tempat wisata secara masif dengan terobosan baru.

Sebab, dengan menggunakan bus ke lokasi wisata, dipastikan bakal mengurangi angka kemacetan saat warga akan melakukan liburan ke destinasi wisata yang dituju.

“Terutama, jika kita melihat aktivitas di Desa Botuarani ini, pada hari libur kendaraan sangat padat. Tidak hanya itu, kami meminta agar dinas pariwisata melihat ini sebagai potensi, yakni salah satu fasilitas yang bisa kita tawarkan kepada wisatawan,” jelasnya.

Mengingat, kata dia, bus milik Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo ada empat unit yang beroperasi ke spot-spot destinasi wisata dan hanya beroperasi untuk hari Sabtu dan Minggu saja.

(Aden/Abstrak)

  • Bagikan
Bebas