Hadiri Rapat BKSU, Asripan Diskusikan Pengembangan Pembangunan Daerah

  • Bagikan
Hadiri Rapat Kerja, Asripan Minta Program yang Dilaksanakan Efektif Bagi Daerah Anggota BKSU
Sekda Bolmut Dr. Drs. H. Asripan  Nani, M.Si, saat menghadiri Rapat Kerja BKSU di Kabupaten Gorontalo Utara, Kamis (28/01/2021) Foto: Humas Bolmut

Abstrak.id – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Asripan Nani menghadiri rapat kerja pelaksanaan program Badan Kerja Sama Utara-Utara (BKSU).

Dalam rapat yang dilaksanakan di Ruang Tinepo, Kantor Bupati Gorontalo Utara pada Kamis (28/01/2021) itu, dirinya juga mendiskusikan tentang pengembangan  pembangunan di  daerah Kabupaten Bolmut.

Pada kesempatan itu, Sekda Asripan Nani juga mengusulkan agar penetapan lokasi sekretariat BKSU dapat dibangun di Kabupaten Gorontalo Utara.

Dirinya pula melaporkan dalam forum itu Pemerintah Daerah Bolaang Mongondow Utara telah menandatangani MoU bersama Pemerintah Negara Australia dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara.

Kerja sama itu berkaitan dengan penetapan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara sebagai pusat penelitian dan pengembangan ternak sapi.

“Seluruh anggota BKSU diharapkan dapat melakukan koordinasi dan konsultasi dengan kementrian yang berkaitan dengan program unggulan dari daerah masing – masing. Diantaranya itu Kementrian Lariwisata, Kementrian Kelautan dan Perikanan,” ujar Asripan

Hal itu dikarenakan program unggulan di daerah anggota BKSU tidak bisa berharap pada penganggaran APBD saja.

Asripan menuturkan setiap daerah di masing – masing sektor khususnya OPD terkait seperti bapelitbang, pariwisata, pertanian, serta kelautan dan perikanan agar dapat melakukan koordinasi antardaerah.

“Koordinasi ini bertujuan untuk merumuskan program unggulan di masing-masing daerah sehingga bisa dipresentasikan pada rapat kerja BKSU selanjutnya dan untuk pembahasan di setiap sektor dibagi pada masing-masing daerah anggota BKSU,” ucap Papa Fikri sapaan akrabnya.

Untuk sektor Peternakan, dikatakan Asripan, akan dilaksanakan di Kabupaten Buol, perikanan dilaksanakan di Bolmut, Pariwisata di Bone Bolango dan untuk kawasan ekonomi Khusus di UNG.

“Kemudian ditahap selanjutnya, program dari setiap OPD terkait akan diparipurnakan di Gorut yang sudah disepakati sebagai lokasi sekretariat BKSU,” ungkapnya.

Asripan meminta kepada pihak UNG untuk bisa mengekspos seluruh program yang dilaksanakan oleh anggota BKSU melalui penelitian dan pengembangan.

Hadir dalam rapat tersebut yakni seluruh Sekda anggota BKSU dan juga Kepala Dinas teknis terkait yang tergabung dalam BKSU.

(Zhandy)

  • Bagikan
Bebas