Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks
Daerah  

Iron Karama Beri Pemahaman UU ITE ke Siswa SMKN Duhiadaa

Abstrak.id – Menjadi salah satu Narasumber pada pelatihan Jurnalistik yang di selenggarakan oleh Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) Pohuwato di Sekolah SMK Negeri I Duhiadaa.

Sekretaris Kominfo Iron Karama, S.Kom memberikan materi betapa pentingnya memahami undang-undang ITE dan undang-undang keterbukan informasi saat ini.

Iron Karama menjelaskan, bahwa menjadi seorang jurnalis yang profesional butuh keberanian dan mental yang kuat, agar di lapangan menjalankan profesi tidak takut akan terpaan dan ancaman.

“Sebelumnya kami sangat mengapresiasi inovasi dan langkah PJS Pohuwato, dalam hal pelatihan jurnalistik ini, luar biasa kegiatan yang jarang dilakukan,”tutur Iron, Selasa (23/05/2023).

Iron menyampaikan, bahwa maraknya masyarakat terutama muda-mudi hari ini banyak yang menggunakan media sosial dalam rangka sarana informasi.

“Namun, ketika salah menggunakan media sosial terutama dunia maya saat ini, maka tidak lepas dari itu semua jika terjadi percekcokan di utarakan di media sosial (Facebook, Instagram, Twiter) dan lain-lain, maka bersiaplah kita akan berhadapan dengan Hukum,”beber Iron.

Sebab kata Iron, Media sosial (Facebook) sangat berbeda dengan media online yang di tulis langsung oleh para jurnalis yang sudah terukur kadar informasi yang di sajikan karna melalui check and balance.

“Ya, sebab facebook sangat berbeda dengan media online itu sendiri, kalau facebook sendiri itu tulisan yang di sajikan tidak ada payung hukum dan tidak dapat di pertanggungjawabkan, sedangkan media online menulis dan menyajikan berita sesuai undang-undang Pers nomor 40 tahun 1999 tentang Pers,”terang Iron.

Iron berharap, seluruh materi yang di berikan oleh para jurnalis kepada adik-adik siswa-siswi SMK Negeri I Duhiadaa dapat di simak dan di fahami secara baik, sehingga dapat bermanfaat kelak menuju jenjang pendidikan yang lebih lanjut.

“Selaku pemateri kami sangat mengharapkan adik-adik dapat menyimak dan faham dengan semua materi yang kami dan teman-teman jurnalis sampaikan, karena ilmu ini sangat bermanfaat bagi adik-adik siswa dan siswi kelak setelah keluar dari dunia pendidikan SMK ini,” tutupnya. (Ramlan/Abstrak).