Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks

Kekompakan dan Integritas Jadi Pesan Penting Konsolda Pemilu 2024

Abstrak.id – Kekompakan dan menjaga sinergitas merupakan suatu keutamaan dalam mengawal, melaksanakan, dan menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.

Demikian disampaikan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Kenly Poluan saat membuka kegiatan Konsolda Menuju Pemilu 2024.

Konsolidasi Daerah (Konsolda) KPU Provinsi dan Kabupaten Kota Menuju Pemilu 14 Februari 2024 ini dilaksanakan di Hotel Four Points Manado pada Minggu, 17 Desember – Selasa, 19 Desember 2023.

Ketua KPU Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Zamaludin Djuka yang turut hadir dalam kegiatan menyampaikan bahwa kekompakan dan menjunjung integritas merupakan prinsip dasar dalam menunaikan tugas-tugas kepemiluan.

“Kekompakan dan integritas bukan sekadar slogan, melainkan pilar fundamental yang membangun fondasi demokrasi yang kuat,” ujarnya.

Ia memaparkan sinergi yang terjaga dengan baik bukan hanya menjamin efisiensi dalam setiap tahapan proses, tetapi juga menciptakan lingkungan di mana keputusan-keputusan strategis dapat diambil secara kolaboratif.

Sebab, kata Djuka, kesatuan visi dan tujuan antarpihak yang terlibat menjadi kunci dalam menjawab tantangan kompleks yang mungkin timbul dalam tahapan proses Pemilu 2024.

Di samping itu, menurutnya, integritas menjelma sebagai prinsip yang tak bisa ditawar-tawar. Sebab, keterbukaan, transparansi, dan kejujuran dalam melaksanakan tugas-tugas kepemiluan adalah fondasi yang dapat membangun kepercayaan masyarakat.

Djuka menerangkan kekompakan dan integritas, tentunya dapat membentuk pondasi dasar yang kuat bagi penyelenggara pemilu untuk menjalankan amanahnya dengan penuh tanggung jawab.

“Oleh karena itu, dalam perjalanan menuju Pemilu 2024 ini, mari kita pertahankan komitmen untuk menciptakan proses demokratis yang adil, transparan, dan dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya Bolaang Mongondow Utara,” katanya.

Dengan tulus serta penuh semangat, Ketua KPU Bolmut ini yakin dan percaya kekompakan yang dibangun melalui integritas pastinya akan menjadi pilar utama keberhasilan proses demokrasi tahun 2024.

“Saya berharap sinergi antarlembaga terus mengalir, membawa kita melampaui setiap hambatan. Semoga setiap tindakan kita tercermin dalam integritas yang tak tergoyahkan, menguatkan kepercayaan masyarakat kepada sistem pemilihan kita,” ucapnya.

Terakhir, Djuka menyebut bahwa pesta demokrasi merupakan panggung demokrasi semua pihak. Oleh sebab itu, setiap warga negara berkewajiban menyukseskan Pemilu 2024, terutama penyelenggara yang harus bekerja secara kompak dan menjunjung kita nilai-nilai integritas.

“Dengan tekad yang bulat dan kesatuan yang kokoh, mari kita berupaya membentuk masa depan demokratis yang lebih baik. Sekali lagi mari bersama-sama, wujudkan pemilu yang adil dan bermartabat demi masa depan kita semua,” pungkas Zamaludin Djuka.

(Aden/Abstrak)