Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks

KPU Provinsi Gorontalo Cegah Rendahnya Partisipasi ASN Dalam Pemilu 2024

KPU melakukan sosialisasi tahapan Pemilu, bagi kalangan ASN. (Foto: AL)

ABSTRAK.ID, GORONTALO – KPU Provinsi Gorontalo, mencegah rendahnya partisipasi Pemilu tahun 2024 mendatang, di kalangan aparatur sipil negara (ASN).

Langkah ini dilakukan, dengan mensosialisasikan seluruh tahapan Pemilu, kepada seluruh ASN dari berbagai organisasi perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Gorontalo, Rabu (20/12/23).

Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, KPU Provinsi Gorontalo, Opan Hamsah mengatakan, pihaknya belajar dari Pemilu tahun 2019 silam, partisipasi kalangan ASN, cukup rendah, di angka rata-rata 86 persen.

“Angka ini jika dicermati, bisa menyumbang satu kursi bagi calon anggota DPD, dan tiga sampai 4 kursi, bagi DPRD. Sehingga ini harus kita perhatikan,” tegas Opan.

KPU Provinsi Gorontalo, tunjukan surat suara pada Pemilu 2024 mendatang. (Foto: AL)

Melalui forum sosialisasi tahapan penyelenggara Pemilu ini, KPU juga memberikan saran kepada para ASN untuk mengurus pindah memilih, sesuai dengan lokasi domisilinya.

“Agar saat hari pencoblosan, lokasi pemilihannya dekat, dan mereka bisa tetap memilih,” jelas Opan.

KPU Provinsi Gorontalo berharap, partisipasi ASN pada Pemilu kali ini, bisa meningkat dibanding Pemilu sebelumnya, dengan memperhatikan integritas ASN untuk menjaga netralitas.