Lionel Messi Dikabarkan Resmi Tinggalkan Barcelona

  • Bagikan

Abstrak.id – Lionel Messi dikabarkan resmi meninggalkan Barcelona. Pengumuman itu disampaikan di laman resmi Barcelona pada Jumat, (6/8/2021) dini hari WIB. Lantas, apa yang menyebabkan Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona?

Kontrak Lionel Messi bersama Barcelona sejatinya berakhir pada 30 Juni 2021. Alhasil, per 1 Juli 2021, Lienol Messi berstatus tanpa klub.

Meski begitu, presiden Barcelona Joan Laporta tidak khawatir. Sebab, Joan Laporta intens berkomunikasi dengan Lionel Messi dan optimistis La Pulga -julukan Lionel Messi– bersedia memperpanjang kontrak.

Beberapa minggu yang lalu, media Spanyol Diario AS menulis kabar bahwa Lionel Messi akan menandatangani kontrak lima tahun dengan Barcelona. Bahkan demi bertahan di Barcelona, Lionel Messi rela gajinya dipotong 50 persen.

Sekadar informasi, ada skema batasan gaji di Liga Spanyol. Total dari 20 klub peserta Liga Spanyol, maksimal hanya diizinkan mengeluarkan uang untuk gaji pemain sebesar 2,33 miliar euro atau sekira Rp39,5 triliun per tahunnya.

Sementara untuk Barcelona sendiri, mereka kebagian jatah 382,7 juta euro atau sekira Rp6,49 triliun. Karena skema inilah, ditambah situasi pandemi Covid-19, membuat Lionel Messi bersedia dipotong gajinya hingga 50 persen.

Karena itu, untuk menyelesaikan detail kontrak, Lionel Messi tiba di Barcelona pada Rabu 4 Agustus 2021. Tak disangka sehari kemudian, Lionel Messi tak bisa didaftarkan Barcelona untuk berkiprah di seluruh kompetisi Spanyol pada 2021-2022.

Menilik rilis yang ada di laman resmi Barcelona, manajemen Blaugrana -julukan Barcelona– dan Messi sebenarnya sudah mencapai kesepakatan. Namun, karena terkendala batasan gaji, Lionel Messi gagal melanjutkan karier di Barcelona. Alhasil, pisah jalan jadi keputusan yang harus diambil.

“Leo Messi tidak tinggal di FC Barcelona. Meskipun klub dan pemain mencapai kesepakatan dan niat jelas mereka untuk menandatangani kontrak baru hari ini, ini tidak dapat terjadi karena kendala finansial dan struktural,” tulis pernyataan di laman resmi Barcelona.

“Akibat situasi ini, Messi tidak akan bertahan di FC Barcelona. Kedua belah pihak sangat menyayangkan keinginan pemain dan klub pada akhirnya tidak akan terpenuhi,” lanjut pernyataan tersebut.

Salah satu dari PSG dan Manchester City digadang-gadang akan mendapatkan jasa Lionel Messi. Jadi, klub mana yang beruntung mendapatkan tanda tangan Lionel Messi?

(Aden/Abstrak)

  • Bagikan
Bebas
%d blogger menyukai ini: