Spanyol Lolos ke Semifinal usai Singkirkan Swiss Lewat Adul Penalti

  • Bagikan

Abstrak.id – Keseblasan Tim Nasional Spanyol akhirnya lolos ke Semifinal Euro 2020 usai menyingkirkan Swiss lewat tendangan adu penalti. Pertandingan itu berlangsung di Stadion Saint Petersburg, Jumat (2/7/2021).

Partai ini harus diselesaikan dengan adu penalti setelah bermain 90 menit dan babak tambahan, tetapi skor tetap imbang 1-1.

Spanyol sempat unggul terjadi karena bunuh diri gelandang Swiss, Denis Zakaria, pada menit kedelapan. Namun, gol Xherdan Shaqiri pada menit ke-68 membuat pertandingan harus dilanjutkan dengan babak tambahan. Tak ada gol terjadi di babak tambahan, sehingga laga harus diselesaikan dengan adu penalti.

Dalam adu penalti dua penendang Spanyol, Sergio Busquets, Rodri gagal. Sementara Daniel Olmo, Gerard Moreno, dan Mikel Oyarzabal berhasil membuat gol. Sementara dari Swiss, hanya Mario Gavranovic yang masuk, sedangkan Fabian Schaer, Manuel Akanji, dan Ruben Vargas gagal melaksanakan tugasnya sebagai algojo.

Sebelumnya, kedua tim ini lolos ke delapan besar setelah berjuang mati-matian di babak 16 besar. Swiss melaju setelah memainkan babak tambahan dan melawati drama adu penalti melawan Prancis. Sementara Spanyol mendapat tiket babak ini dengan melalui babak tambahan dan menaklukkan Kroasia, 5-3.

Pada pertandingan delapan besar, Swiss tak bisa menurunkan pemain terbaik mereka sewaktu di babak 16 besar yakni gelandang Granit Xhaka. Pemain Arsenal ini terkena larangan bermain lantaran telah mengantungi dua kartu kuning.

Spanyol pun menguasai permainan sejak menit pertama. Mereka mengandalkan operan pendek merapat dan terus berupaya merangsek pertahanan Swiss.

Spanyol unggul 1-0 berkat gol cepat saat pertandingan baru berlangsung delapan menit. Gol yang membawa La Roja memimpin terjadi karena bunuh diri yang berusaha menahan tendangan Jordi Alba.

Gol berawal dari sepak pojok yang dikirim Koke. Namun, bola kemudian disambut Jordi Alba dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti. Bola berubah arah karena terkena kaki Denis Zakaria. Kiper Yann Sommer tak berdaya dan harus rela melihat gawangnya kebobolan.

Setelah unggul, Spanyol tetap mendominasi penguasaan bola, sementara Swiss berupaya memanfaatkan serangan balik. Dalam salah satu kesempatan, Haris Seferovic berada di depan gawang dan berupaya merebut bola. Namun, kiper Spanyol Unai Simon lebih dulu mengamankan gawangnya.

Swiss menarik striker Breel Embolo pada menit ke-23 karena cedera otot paha. Pemain Borussia Moenchengladbach ini diganti Ruben Vargas.

Dua menit kemudian, Spanyol kembali memiliki peluang melalui Cesar Azpilicueta. Bek Chelsea ini menyundul bola dari depan gawang namun berhasil ditangkap Yann Sommer.

Menit ke-41, Swiss sebenarnya memiliki peluang lewat serangan balik. Shaqiri berhasil merangsek ke pertahanan Spanyol. Namun peluang ini gagal menjadi gol karena Steven Zuber berdiri pada posisi offside. Skor 1-0 untuk keunggulan Spanyol bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Dani Olmo masuk menggantikan Pablo Sarabia. Spanyol tetap mendominasi penguasaan bola dalam babak setelah jeda ini. Namun mereka justru kebobolan pada menit ke-68 melalui gol Xherdan Shaqiri. Pemain Liverpool ini berhasil menjebol gawang Unai Simon setelah mendapat umpan dari Remo Freuler.

Namun, pembuat assist gol Swiss, Remo Freuler harus keluar karena menerima kartu merah setelah menjegal Alvaro Morata. Swiss pun bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-78.

Pelatih Swiss, Petkovic memutuskan untuk mengganti sekaligus dua pemain pada menit ke-82 yakni Shaqiri dan Seferovic. Mereka masing-masing digantikan Djibril Sow dan Mario Gavranovic. Hingga babak kedua selesai skor tetap imbang 1-1. Kedua tim pun harus memainkan babak tambahan.

Saat babak tambahan Spanyol sempat memiliki peluang namun kiper Yann Sommer menggagalkan semua kesempatan yang diiliki pasukan Luis Enrique. Gelandang Spanyol, Marcis Llorente, juga memiliki peluang di pada menit ke-111. Namun tendangannya dari depan gawang diblok.

Penjaga gawang Swiss, Yann Sommer, kembali menjadi sember kegagalan Spanyol mencetak gol pada menit ke-116. Tandukan Sergio Busquets memanfaatkan tendangan sudut Daniel Olmo berhasil ditangkapnya. Tak berapa lama kemudian, Sommer juga berhasil meredam tembakan Marcos Llorente.

Setelah bermain 90 menit dan babak tambahan skor imbang 1-1. Pertandingan pun harus diselesaikan dengan adu penalti dan kemudian dimenangkan Spanyol.

(RA-02/Abstrak)

  • Bagikan
Bebas