Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks
Daerah  

Meski Diguyur Hujan, Bupati Pohuwato Hadiri Syukuran HUT ke-85 Desa Londoun

Abstrak.id – Acara syukuran Hari Ulang Tahun ke-85 Desa Londoun, Kecamatan Popayato Timur, dihadiri langsung Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Jum’at, (07/06/2024).

Di tengah hujan yang mengguyur, Bupati Saipul didampingi Camat Popayato Timur, Arifin, S.Pd, Anggota DPRD Pohuwato, Jenni Ema Tulung, Kabag Prokopim, Usman Bay, disambut dengan tarian penyambutan Suku Sangihe.

Penyambutan diawali dengan pengalungan bunga, dan berjalan menuju tugu Desa Londoun, dan mendengarkan pembacaan sejarah desa yang terbentuk sejak tahun 1939.

Dalam sambutannya, Bupati Saipul Mbuinga mengatakan jika kita menengok sejarah kebelakang, awal mula terbentuknya Desa Londoun 85 tahun yang lampau tepatnya tahun 1939.

Sebelum negara Indonesia merdeka, kurang lebih 95 kepala keluarga mengikuti program transmigrasi zaman kolonial Belanda menempati wilayah Popayato yang saat itu masuk wilayah distrik Paguat, maka terbentuklah desa yang diberikan nama Londoun.

Selanjutnya, berdasarkan catatan versi beberapa sejarawan lokal, bahwa tanggal 7 Juni 1939 dibuat berita acara serah terima masyarakat Sangihe Desa Londoun kepada penguasa lokal di Gorontalo yang ditandatangani oleh Raja Manganitu Wilem Mokodompis, Raja Siau Paul Parengkuan, Jogugu Boalemo A. Hippy, dan Marsaoleh Paguat Syamsudin Biya.

“Sejak serah terima tersebut, masyarakat Sangihe di Londoun menjadi bagian dari keluarga besar masyarakat Gorontalo di Popayato. Namun tetap mempertahankan dan melestarikan identitas dan budaya masyarakat Nusa Utara hingga hari ini,” ujar Bupati Saipul.

Lanjut bupati, usia 85 tahun adalah rentang waktu yang panjang telah menjadi saksi perjalanan sejarah masyarakat Londoun membangun desa bersama warga masyarakat setempat.

Hari ini kita saksikan bersama telah banyak terjadi perubahan, baik dari jumlah penduduk, tersedianya sarana prasarana, ekonomi, UKM serta infrastruktur, termasuk bangunan sekolah, kantor desa serta sarana ibadah bagi umat Kristiani.

“Saya berpesan kepada warga masyarakat Desa Londoun untuk terus menjalin kekompakan dalam membangun desa, menjaga persatuan dan kesatuan,” katanya.

“Mari kita jadikan momentum ulang tahun yang ke-85 yang istimewa ini, sebagai tonggak kebangkitan menuju Desa Londoun yang damai, maju dan masyarakatnya hidup sejahtera,” sambungnya.

Terakhir, atas nama Pemerintah daerah, Bupati Saipul menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembangunan Desa Londoun.

“Kepada seluruh warga desa, marilah kita jadikan HUT Desa Londoun ini sebagai pemantik semangat baru untuk terus berkarya dan membangun desa yang kita cintai. Semoga berkah Tuhan Yang Maha Kuasa terus berlimpah sepanjang waktu kepada warga masyarakat Desa Londoun,” pungkasnya. (Ramlan/Abstrak).