Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks
Daerah  

Pemkab Pohuwato Respon Baik Rencana Jepang Beli Tanaman Kakao Milik Petani

Abstrak.id – Tokyo Food Co.Ltd kembali berkunjung ke Kabupaten Pohuwato, perusahaan asal Jepang itu tertarik dan melirik potensi cokelat atau kakao di Kabupaten Pohuwato.

Pihak perusahaan Tokyo Food bertemu dengan pemerintah daerah yang diterima langsung Wakil Bupati Pohuwato, Suharsi Igirisa didampingi Kepala Bappeda, Irfan Saleh, Kadis Perindagkop, Ibrahim Kiraman, Sekretaris Dinas Pertanian, Meri Maku, dan OPD terkait di Aula Tarsius, Bappeda Pohuwato, Senin (13/11/2023).

Sebagai pemerintah daerah, Wabup Suharsi Igirisa mengatakan sangat merespon rencana dari Tokyo Food Co.Ltd, Jepang.

“Ini satu peluang bagi para petani kakao di Pohuwato. Tokyo Food sangat antusias terkait dengan kakao Pohuwato. Tapi ini baru tahap awal, mereka akan menguji kualitas dan jumlah produksi kakao”,kata Suharsi Igirisa.

Dikatakan Wabup Suharsi, perusahaan ini bukan saja akan membeli hasil kakao petani, tapi juga mendorong penanaman kakao, sehingga hal ini jelas peluang untuk masyarakat. Karena selain harga kakao diharapkan membaik, juga akan menyerap tenaga kerja.

Terpisah, Kepala Bapppeda Kabupaten Pohuwato, Irfan Saleh menjelaskan, kunjungan pihak Tokyo Food sudah kali kedua ke Kabupaten Pohuwato dengan tujuan mensurvei dan meneliti kakao mana saja yang sudah selama ini melakukan fermentasi sesuai standar yang diinginkan.

Irfan Saleh menyebutkan, dari hasil survei tersebut jika sudah ada sample kakao yang difermentasi, pihak Tokyo Food kemungkinan besar akan membeli dan diuji di laboratorium Jepang yang memang punya standar kualitas tinggi dalam membeli suatu produk.

Menurutnya, kalau potensinya bagus dan mampu memenuhi syarat, maka tentu selanjutnya akan dibuat kesepakatan jumlah kakao perbulannya atau pertahunnya yang akan dibeli dengan harga sesuai standar kualitas.

“Jadi, menurut ketua timnya menjelaskan untuk awal-awal mungkin masih sedikit-sedikit, tapi bertahap lama-lama mereka akan membeli dalam jumlah yang banyak sesuai kemampuan yang bisa disediakan oleh petani kakao. Yang pasti dalam kunjungan ini, mereka menyampaikan juga akan memberikan peningkatan SDM bagi para petani. Sebab mereka ingin para petani memiliki kualitas yang baik dalam pengelolaan kakao fermentasi tersebut”,tambah Irfan Saleh.

Menariknya, kata Irfan lagi, pihak Tokyo Food berkeinginan agar para petani itu harus sejahtera. Karena dengan kesejahteraan, maka kualitas produk yang mereka inginkan itu bisa tercapai.

“Jadi, mereka ingin ada keseimbangan, tidak boleh kita hanya menuntut kualitas tinggi tapi kehidupan mereka tidak diperhatikan. Jadi, ini sangat pas dengan visi misi daerah, karena tujuan kita ingin meningkatkan kesejahteraan petani khususnya petani kakao,” pungkasnya. (Ramlan/Abstrak).