Bebas
Daerah  

Perdis PMD Pohuwato ke Jakarta Bukan Soal Pembahasan Pilkades 

Abstrak.id– Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Pohuwato Watch menyampaikan bahwa perjalanan dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Pohuwato ke luar daerah bukan terkait pembahasan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades).

Pasalnya, Perdis PMD ke luar daerah yang menyedot dana ratusan juta itu dinilai merupakan suatu pemborosan dan hanya menghambur-hamburkan anggaran daerah.

”Kemarin kan mereka (Dinas PMD) sudah konsultasi kesana (Jakarta), kenapa berangkat lagi ? Ini kan hanya menghambur-hamburkan uang, dan sama sekali kegiatan itu tidak ada kaitannya dengan tahapan Pilkades,” ujar Ikal Rahim, saat dikonfirmasi, Rabu (22/6/2022).

Menurut Ikal, kegiatan konsultasi yang mengajak para Kepala Desa tersebut sama sekali tidak memberikan manfaat. Hal ini terbukti saat Dinas PMD melakukan kunjungan dan konsultasi beberapa kali ke jakarta, namun hingga saat ini tidak ada satu pun hasil yang terlihat.

Bahkan, kata Ikal, kegiatan konsultasi dengan fasilitas hotel, dana transportasi dan uang saku yang nilainya sangat besar dijadikan sebagai cara baru untuk plesiran dan mendapatkan penghasilan dari gaji pokok mereka.

“Jelas ini kesannya hanya cari-cari judul demi untuk kepuasan bathin mereka saja,”  ucapnya.

“Inspektorat daerah harusnya bisa mengawasi sekaligus mengontrol terkait penggunaan anggaran tersebut. Kalau perlu minta transparansi anggarannya, rekomendasi apa yang mereka berikan ke pemerintah daerah atas hasil konsultasi tersebut,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas PMD Pohuwato, Musna Giasi melalui Sekretaris Dinas PMD, Isa Ali membenarkan adanya perjanan dinas PMD ke luar daerah tersebut.

Isa Ali menegaskan, Perdis yang dilakukan oleh Kepala Dinas PMD Pohuwato, Musna Giasi bersama para Kepala Desa itu sangat tidak memperngaruhi tahapan Pilkades yang sementara berjalan. (Ramlan/Abstrak)

 

Bebas
Bebas Bebas