Perusahan Telekomunikasi di Bolmut yang tak Bayar Pajak Bakal Ditutup

Abstrak.id – Setiap perusahan telekomunikasi (tower) yang beroperasi di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) wajib membayar pajak. Baik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) maupun retribusi untuk daerah.

Jika tidak, apa pun perusahaannya, baik berbentuk perseroan ataupun swasta yang dikelola pemerintah, siap-siap bakal ditutup Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bolmut.

Demikian ditegaskan Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Bolmut, Aang Wardiman. Bahkan, dirinya mengatakan jika akhir tahun 2022 ini perusahan tersebut belum melunasi kewajibannya, maka pihaknya akan segera mengambil langkah tegas.

“Dinas Kominfo akan benar-benar melaksanakan tugas dan fungsi sebagai dinas yang melakukan monitoring, pengawasan, serta pengendalian menara telekomunikasi di wilayah Kabupaten Bolmut,” tegas Kadis Kominfo, Kamis, 8 Desember 2022.

Dalam menyeriusi hal itu, diskominfo juga telah mengonfirmasi ke Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bolmut terkait pembayaran pajak perusahan telekomunikasi tersebut.

“Jadi, BPKAD melalui bidang pendapatan juga sudah menyurati ke pihak perusahaan untuk segera memenuhi kewajibannya kepada negara. Karena menurut BPKD melalui bidang pendapatan, dari enam perusahaan, baru ada dua pihak yang membayar kewajibannya,” tuturnya.

Aan Wardiman meminta, kepada sejumlah pihak yang belum melunasi kewajibannya agar segera menyelesaikan hal tersebut demi taatnya sebuah perusahan terhadap peraturan negara dan ketentuan daerah.

“Apabila akhir tahun ini semua perusahaan telekomunikasi selurer belum memenuhi kewajibanya ke daerah, maka tak segan-segan Kominfo Bolmut akan melakukan kewenangannya dengan mengandeng Balai Monitoring Frekuensi untuk menutup dan menghentikan pengoperasian jaringan seluler,” katanya.

(Aden/Abstrak)

Bebas
Bebas Bebas Bebas
%d blogger menyukai ini: