Pilsang Bolmut Masuk Tahapan Penetapan Calon, 2 Balon Tersingkir

  • Bagikan

Abstrak.id – Pemilihan Sangadi (Pilsang) Serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Hari ini memasuki Tahapan Penetapan Calon, Senin (11/10/2021).

Fadly T Usup, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Bolmut Mengatakan dari 228 Bakal Calon (Balon) Kepala Desa yang mengikuti Tes Kompotensi di Tingkat Kabupaten, Keseluruhannya dinyatakan memenuhi nilai standar.

“Kalau dari hasil tes yang dilaksanakan pekan lalu, semua Balon nilainya memenuhi standar. Hanya saja untuk dua desa yang memiliki Balon diatas lima orang maka dilakukan perengkingan,” ungkapnya saat diwawancarai media ini, Senin (11/10/2021).

Kedua desa tersebut, Lanjut Fadly yakni Desa Bolangitang 2 dan Desa Pontak yang masing-masingnya memiliki 6 Balon atau melebihi kuota kursi calon yang disediakan berdasarkan Permendagri dan Perda Bolmut.

“Untuk yang dua desa itu, dilakukan perengkingan berdasarkan hasil tes kemarin dan Balon yang dinyatakan lolos yakni yang masuk peringkat 1 sampai 5,” ujar Ka Ly sapaan akrab Kadis PMD.

Dirinya memastikan dari 72 Desa di Bolmut yang melaksanakan Pilsang, akan ada 226 Balon yang akan ditetapkan sebagai Calon pada pleno hari ini.

Fadly pun berharap pelaksanaan Pilsang di Bolmut akan berjalan lancar dan aman hingga selesai dan akan melahirkan Kepala Desa yang dapat mengayomi dan membangun desa menjadi lebih baik lagi.

Diketahui pada hari ini, selain pelaksanaan pleno penetapan bakal calon yang dilaksanakan di setiap desa penyelanggara Pilsang, juga akan dilaksanakan pencabutan Nomor Urut Calon.

(Zhandy/Abstrak.id)

  • Bagikan
Bebas
%d blogger menyukai ini: