Pilsang Desa Pontak, 5 Calon Ditetapkan dan 1 Balon Dinyatakan Gugur, Berikut Daftarnya

  • Bagikan

Abstrak.id – Rapat Pleno Penetapan Calon Kepala Desa Pontak pada perhelatan Pemilihan Sangadi (Pilsang) Serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) usai digelar, Senin (11/10/2021).

Pantauan Abstrak.id, pelaksanaan rapat pleno tersebut digelar di Kantor Desa Pontak, Kecamatan Kaidipang, Kabupaten Bolmut, dan dihadiri oleh Pemerintah Desa, BPD, Seluruh Perwakilan  Lembaga Desa, Perwakilan Karang Taruna, Tokoh Masyarakat serta para Bakal Calon (Balon).

Aslan Hente selaku Ketua Panitia Pilsang Desa Pontak menyampaikan dari 6 Balon yang terdaftar, ada 5 orang yang ditetapkan sebagai calon dan satu orang lainnya dinyatakan belum lolos.

Ketua Panitia Pilsang Desa Pontak bersama Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, Ketua BPD dan Perwakilan dari Dinas PMD, pada pelaksanaan Rapat Pleno Terbuka terkait Penetapan DPT, Daftar Calon serta nomor urut calon yang bertempat di Balai Desa Pontak, Senin (11/10/2021). Foto: Abstrak.id

“Intinya seluruh Balon yang ada merupakan kader-kader terbaik Desa, karena dari seleksi berkas sampai pada tahapannya, nilai para Balon diatas nilai standar. Namun karena kuota berdasarkan perbup maksimal 5 calon disatu Desa, maka yang mendapatkan rangking ke 6 itu yang tidak lolos sebagai calon,” ungkapnya.

Lanjut Aslan, Kelima calon yang ditetapkan berdasarkan nomor urut yakni :
1. Dani Mokodompis yang berada pada rangking ke 3.
2. Badria Buhang yang berada pada rangking ke 4.
3. Warman Bukoting yang berada pada rangking ke 2
4. Suleman Pontoh yang berada pada rangking pertama.
5. Hamid Sosiang yang berada pada rangking ke 5.

Ketua Panitia Pilsang Desa Pontak Aslan Hente, saat menyampaikan daftar Balon yang akan ditetapkan sebagai Calon, bertempat di Balai Desa Pontak, Senin (11/10/2021). Foto: Abstrak.id

Aslan juga mengungkapkan Khusus untuk Desa Pontak Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pada pelaksanaan Pilsang serentak Tahun 2021 yakni 595 Jiwa.

“Untuk pelaksanaan pilsang tahun ini, jumlah DPT Desa Pontak yakni 595 Jiwa yang terdiri 303 jiwa Laki-laki dan 292 jiwa perempuan,” tutur Aslan.

Camat Kaidipang M. Misaala yang juga turut hadir pada rapat pleno itu mengimbau kepada para Calon yang telah ditetapkan, agar terus menjaga kondisi dan situasi prosesi Pilsang di Desa Pontak tetap kondusif.

“Menurut saya seluruh bakal calon yang ada di Desa Pontak, baik yang telah ditetapkan sebagai calon maupun tidak, seluruhnya orang-orang yang cerdas dalam berpolitik terutama dalam menjaga stabilitas keamanan di Desa. Jadi saya berharap hal ini tetap dipertahankan hingga pada proses penetapan sangadi terpilih,” ungkapnya saat menyampaikan sambutan pemerintahan pada kegiatan tersebut.

Selain Camat Kaidipang, Pjs Sangadi Pontak Zainudin Bolota juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia dan bakal calon yang terus bekerja dengan selalu menaati segala regulasi yang berlaku.

“Saya harap di momen Pilsang ini, hubungan kemasyarakatan seluruh warga Desa Pontak tetap terjaga, dan untuk panitia khususnya pemerintah mengucapkan terima kasih atas segala kinerjanya,” ungkap Bolota.

Senada dengan penyampaian diatas, Suleman Pontoh salah satu calon sangadi di Desa Pontak, mengajak kepada seluruh Masyarakat Desa Pontak untuk sama-sama mensukseskan prosesi Pilsang ini, dengan tetap menjaga keamanan serta ketertiban yang ada termasuk menjaga kesehatan yakni selalu memperhatikan penerapan Protokol Kesehatan.

“Intinya Siapa yang akan dipilih itu hak setiap warga, Namun kewajiban seluruh warga yakni menjaga situasi dan kondisi dilingkungan desa agar tetap aman dan kondusif selama prosesi pilsang ini. Apalagi di Desa Pontak ini hampir keseluruhannya memiliki ikatan kekeluargaan” ucap Pontoh yang merupakan calon nomor urut 4 di Pilsang 2021 Desa Pontak.

Jajaran Panitia Pisang di Desa Pontak, Senin (11/10/2021). Foto: Zhandy/Abstrak.id

Diketahui pelaksanaan pleno tersebut juga turut dihadiri perwakilan dari Dinas PMD Bolmut, serta tim pengamat dari TNI-Polri.

(Zhandy/Abstrak.id)

  • Bagikan
Bebas
%d blogger menyukai ini: