Menyajikan Secara Akurat dan Objektif
Beli Tema IniIndeks

Tahun Ini, Pemprov Gorontalo Akan Kucurkan Rp427,6 Miliar untuk Pemkab Pohuwato

Abstrak.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo melalui 10 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tahun 2024 ini akan mengucurkan bantuan sebesar Rp.427,6 miliar untuk Pemerintah Daerah Pohuwato.

Hal ini diungkapkan langsung Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya saat melakukan Road Show ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pohuwato, di Aula Panua Kantor Bupati, Rabu (10/1/2024).

Adapun Road show tersebut dilakukan dalam rangka evaluasi program kegiatan APBD/APBN 2023 dan pemaparan program kegiatan APBD/APBD 2024.

Bupati Saipul, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini adalah salah satu bukti dari perhatian yang luas oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Gorontalo atas kegiatan pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan di Kabupaten Pohuwato.

“Kami bersyukur dan sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada jajaran Pemprov Gorontalo dan sekaligus kepada instansi vertikal tingkat Provinsi atas pembangunan sarana dan prasarana infrastruktur yang telah selesai dan yang sedang dibangun di Kabupaten Pohuwato,” ungkap Bupati Saipul.

Selain itu, Bupati Saipul juga meminta dukungan Penjabat Gubernur Gorontalo untuk mendorong percepatan  pembangunan Kantor Bupati yang baru kepada Pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian BUMN.

“Karena sesuai penyampaian dari Wakil Menteri BUMN yang bertemu langsung dengan kami di Jakarta, katanya pembangunan Kantor Bupati Pohuwato akan didanai melalui CSR BRI,” kata Saipul.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, tim teknis dari BRI Pusat telah turun langsung meninjau kondisi lokasi pembangunan Kantor Bupati.

“Saat ini desain Kantor Bupati telah selesai dan insyaallah minggu depan akan kami antar langsung kepada Wakil Menteri BUMN,” terangnya.

Sementara itu, Penjabat Gubernur Gorontalo, Ismail Pakaya menuturkan bahwa untuk pembangunan Kantor Bupati Pohuwato, Pemprov Gorontalo terus melakukan Koordinasi dan terus berjuang di Pemerintah pusat.

Karena diakui bahwa Kantor Bupati sangat dibutuhkan di Pohuwato pasca kejadian 21 September kemarin.

“Pemprov Gorontalo tahun ini mengalokasikan anggaran untuk program strategis sebesar Rp.427,6 miliar,” katanya.

“Tahun 2023 ada 10 OPD Provinsi Gorontalo yang mengalokasikan anggaran ke Kabupaten Pohuwato sebesar Rp.473,9 miliar. Di tahun 2024 masih sama ada 10 OPD dengan alokasi anggaran untuk program strategis mencapai Rp.427,6 Miliar,” ungkap Ismail Pakaya.

Sementara itu, berdasarkan paparan Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Gorontalo, Adnan Wimbyarto, total pagu belanja Kementerian dan Lembaga di Pohuwato tahun 2024 sebesar Rp132,21 miliar.

Terdiri dari belanja pegawai Rp.75,29 miliar, belanja barang Rp.56,17 miliar, dan belanja modal Rp.750 juta.

“Kami berharap pengalokasian anggaran ini dapat menggerakkan roda perekonomian daerah serta bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Pohuwato,” pungkasnya. (Ramlan/Abstrak).