Banjir di Danau Limboto Menyebabkan Evakuasi Massal oleh Babinsa Koramil 1315-02 Limboto

Abstrak.id – Babinsa Kodim 1315-02/Limboto turut serta dalam operasi evakuasi massal untuk membantu ratusan warga yang terdampak banjir di Kelurahan Kayubulan, Kecamatan Limboto, Kabupaten Gorontalo pada Selasa (08/07/2024).

Menurut data terbaru, sekitar 231 unit rumah yang ditempati oleh sekitar 1.245 penduduk terendam akibat meluapnya Danau Limboto setelah hujan deras mengguyur daerah tersebut selama seminggu terakhir.

Plh. Danramil 1315-02/Limboto, Kapten Inf. Zainuddin, menjelaskan bahwa prajurit Babinsa di lapangan telah melaporkan bahwa warga yang terdampak banjir sedang mengalami kesulitan karena tingginya air danau setiap harinya. Sebagai tindak lanjut, pihaknya telah mengkoordinasikan evakuasi untuk menghindari korban jiwa.

“Kami menerima laporan dari Babinsa bahwa sekitar 231 unit rumah terendam, dengan jumlah penduduk sekitar 1.245 jiwa dari 415 kepala keluarga. Kami berkolaborasi dengan pemerintah dan tim penanggulangan bencana untuk segera mengevakuasi warga,” ujar Zainuddin.

Zainuddin juga menyarankan agar masyarakat tidak kembali ke rumah mereka sampai air surut sepenuhnya dan kondisi lingkungan aman dari bahaya banjir susulan akibat cuaca ekstrem.

Perubahan yang saya lakukan termasuk pengeditan struktur kalimat dan pengurangan beberapa detail untuk membuat teks lebih ringkas namun tetap informatif.