Hari Kedua, Tim SAR Polda Gorontalo-Basarnas Lakukan Evakuasi Korban Longsor di Suwawa

Abstrak.id – Hari kedua penanganan bencana longsor di Desa Tulabolo, Kecamatan Suwawa, Kabupaten Bone Bolango melibatkan Tim SAR Polda Gorontalo dan Basarnas. Upaya evakuasi masih terus dilakukan pada Senin (08/07/2024).

Longsor yang dipicu oleh hujan deras telah menyebabkan beberapa rumah tertimbun dan sejumlah warga dilaporkan hilang.

Tim SAR Polda Gorontalo di bawah pimpinan Kapolda Gorontalo Irjen Pol. Drs. Pudji Prasetijanto Hadi, M.H, bekerja sama dengan TNI dan Basarnas Gorontalo, telah dikerahkan sejak hari pertama kejadian untuk melakukan pencarian dan evakuasi korban.

“Kami berusaha tanpa henti untuk memastikan semua korban dapat ditemukan dan dievakuasi dengan selamat. Kami juga berkoordinasi erat dengan TNI, Basarnas, dan pemerintah daerah untuk memfasilitasi proses evakuasi,” ungkap Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol. Desmont Harjendro A.P, S.I.K.

Proses evakuasi tidaklah mudah. Medan yang sulit diakses dan cuaca yang tidak menentu menjadi tantangan utama bagi tim penyelamat. Tebalnya material longsor dan luasnya area yang terdampak turut memperlambat proses pencarian.

“Kami menghadapi berbagai tantangan, terutama akses medan yang sulit dan cuaca yang tidak bersahabat. Namun, semangat kami tetap tinggi. Kami akan terus bekerja keras untuk menemukan dan menyelamatkan korban,” tambah Desmont.

Selain Tim SAR dan Basarnas, partisipasi masyarakat setempat juga sangat berarti dalam mendukung proses evakuasi.

Pemerintah daerah Kabupaten Bone Bolango telah mendirikan posko darurat dan menyediakan bantuan logistik bagi tim penyelamat dan korban yang terdampak bencana.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah daerah yang telah memberikan dukungan penuh. Kerjasama ini sangat krusial dalam mempercepat proses evakuasi dan memberikan bantuan yang diperlukan kepada korban,” ungkapnya.

Hingga saat ini, upaya evakuasi terus dilakukan oleh tim penyelamat. Doa dan harapan masyarakat Gorontalo turut mendukung semangat petugas di lapangan.

“Kami mohon dukungan doa dari masyarakat agar semua korban dapat ditemukan dengan selamat dan proses evakuasi dapat berjalan lancar,” tutup mantan Wadir Lantas Polda Gorontalo. (Ramlan/Abstrak).