Ibu-Ibu Rumah Tangga di Bone Bolango Ciptakan Masker khas Gorontalo

  • Bagikan

Abstrak.id – Pandemi covid-19 memang sangat berdampak pada penghasilan warga. Tak terkecuali sejumlah ibu-ibu rumah tangga yang berada di Desa Ayula Tilango, Kecamatan Bulango Selatan, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo.

Para ibu rumah tangga di wilayah itu sebelumnya berprofesi sebagai pedagang di kantin sekolah dasar dan smp di desa setempat.

Namun, adanya pandemi, kantin sekolah ditutup lantaran pemerintah mengalihkan pembelajaran dari sebelumnya tatap muka menjadi pembelajaran secara daring.

Tak menaruh harapan untuk kembali berjualan di kantin, mereka beralih membuat masker dengan dibantu para mahasiswa Fakultas Sastra dan Budaya Universitas Negeri Gorontalo.

Masker yang dibuat pun terbilang unik. Pasalnya, hasil masker yang diproduksi adalah masker aroma terapi bermotif karawo, atau sulaman kerawang khas Gorontalo.

Cara pembuatannya, masker kain yang sudah di desain dan dijahit, para ibu-ibu ini kemudian diajarkan agar masker tersebut beraroma terapi yang menyegarkan.
Untuk menghasilkan aroma terapi, bahan-bahan utama yang perlu disiapkan yakni limbah kulit jeruk dan minyak zaitun. Kemudian hasil ekstrasinya dioles ke plastik lalu dimasukan ke dalam masker.

Salah satu warga, Desi Saleh mengatakan, pembuatan masker oleh para ibu-ibu ini sudah berlangsung tiga bulan lamanya. Mereka mengaku sangat terbantu untuk bisa menambah penghasilan.

Sementara salah satu mahasiswa UNG, Umar Kasim mengatakan, selain membantu agar masyarakat produktif, program pembuatan masker aroma terapi yang di programkan mahasiswa ini bertujuan melestarikan budaya lokal di Gorontalo lewat sulaman Karawo.

“Bagi warga yang sudah mahir membuat masker aroma terapi, mereka kemudian diajarkan untuk menjual hasil produksinya lewat media sosial. Rencananya masker ini juga akan di promosikan lewat UMKM di Gorontalo,” katanya.

Sementara harga satu lembar masker aroma terapi ini dijual dengan harga bervariasi mulai dari 10 ribu rupiah hingga 20 rupiah per masker.

(RA-02/Abstrak)

  • Bagikan
Bebas
%d blogger menyukai ini: