Indeks

KPU Bolmut Laksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan DPTb Pemilu Tahun 2024

Abstrak.idKomisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) melaksanakan Rapat Koordinasi Penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) bersama seluruh badan ad hoc.

Rapat yang dilaksanakan bersama PPK, PPS, dan sekretariat di kantor-kantor camat ini terlaksana sejak Senin, 14 Agustus – Rabu, 16 Agustus 2023.

Anggota KPU Bolmut Divisi Perencanaan Data dan Informasi Irfan F. Awumbas mengatakan DPTb merupakan daftar pemilih yang telah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di suatu Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Pemilih tersebut masuk dalam DPTb karena keadaan tertentu pemilih ini tidak dapat menggunakan haknya untuk memilih di TPS yang telah ditentukan dan memberikan suara di TPS lain,” kata Irfan.

Menurutnya, ada beberapa kategori sehingga pemilih tersebut masuk dalam DPTb. Misalnya, bertugas ditempat lain, sedang dalam rawat inap atau mendampingi pasien rawat inap, dan terjadi bencana alam.

“Pemilih tersebut juga masuk dalam DPTB karena tahanan rutan atau lapas/menjadi terpidana, penyandang disabilitas yang dirawat di panti sosial atau tempat rehabilitasi, menjalani rehabilitasi narkoba, bekerja di luar domisili, menjalani tugas belajar atau kuliah diluar daerah, serta pindah domisili,” jelasnya.

Irfan mengingatkan kepada seluruh masyarakat Bolmut bahwa batas waktu penyusunan DPTb hanya sampai 15 Januari Tahun 2024.

Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada jajaran badan ad hoc agar dapat menyosialisasikan tahapan dan persyaratan tersebut.

Irfan mencontohkan perpindahan pemilih ini misalnya, ada salah satu masyarakat yang DPT asalnya di kecamatan A, tetapi karena sedang kuliah atau bekerja maka Ia harus memilih di Kecamatan B.

“Nah, pemilih ini wajib melapor ke PPS/PPK Kecamatan A dengan membawa bukti dokumen serta surat pernyataan bermaterai yang menyatakan memang benar sedang kuliah atau bekerja di Kecamatan B,” ungkapnya.

Irfan meminta kepada semua pihak yang sudah pindah domisili secara administrasi dan jika ingin memilih di TPS terdekat rumahnya agar langsung menemui  penyelenggara pemilu jajaran KPU Bolmut sebelum 15 Januari 2024.

“Kami siap melayani masyarakat yang akan pindah memilih. Sehingganya juga jangan lupa untuk membawa data-data kependudukan atau dokumen pendukung persyaratan pindah memilih,” tutur Irfan f. Awumbas.

(Aden/Abstrak)