Bebas
Daerah  

Luar Biasa, Migor Oplosan di Pohuwato Disebut Layak Dikonsumsi Masyarakat

Abstrak.id – Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Pohuwato, Ibrahim Kiraman menyebut minyak goreng (Migor) oplosan yang beredar di Pasar Tradisional Marisa, Pohuwato beberapa bulan lalu layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

“Yang jelas layak dikonsumsi oleh masyarakat. Semua Migor layak dikonsumsi yang beredar di pasaran,” kata Ibrahim Kiraman, saat dikonfirmasi Abstrak.id, Selasa (21/6/2022).

Kemudian saat ditanya mengenai hasil laboratorium (LAB) dari BPOM Gorontalo?, mantan Camat Duhiadaa, Pohuwato itu enggan untuk memberikan keterangan terkait masalah tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pohuwato, Fidi Mustafa saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa hasil laboratorium Migor dari BPOM Gorontalo saat ini sudah berada di Dinkes Pohuwato, dan salinannya sudah diteruskan langsung kepada Kadis Perindagkop Pohuwato.

Fidi menerangkan, pada dasarnya tidak ada oplosan, secara spesifik ada tiga parameter yang diukur kaitan dengan sampel Migor tersebut. Pertama tidak ditemukan kandungan logam berat, kedua tidak ditemukan kandungan radikal bebas atau kerusakan minyak.

“Ketiga ditemukan kandungan air yang lebih, tetapi tidak berpengaruh serta tidak merusak minyak tersebut,” kata Fidi. (Ramlan/Abstrak).

Bebas
Bebas Bebas