Tekan Angka Penyebaran Covid-19, Polres Dan Dinkes Bolmut Gelar FGD

  • Bagikan

Abstrak.id – Focus Group Discussion (FGD) saat ini sangat populer, karena mengarah pada sebuah penelitian kualitatif yang menggabungkan beberapa orang dari latar belakang yang serupa untuk mendiskusikan sebuah topik tertentu.

Menelisik hal tersebut, Polres Bolaang Mongondow Utara bekerjasama dengan Dinas Kesahatan Kabupaten Bolaang Mongondow Utara menggelar FGD bertempat di Kecamatan Pinogaluman.

Diketahui Kegiatan tersebut difokuskan dalam rangka menanggulangi, mencegah dan mengatasi penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bolmut.

kasie Promkes Dinas Kesehatan Kabupaten Bolmut Novianti Paputungan S. Farm menyampaikan Kegiatan ini bertujuan agar kita sebagai aparat bisa memperoleh informasi terkait permasalahan dan kendala yg terjadi sehubungan dengan pencegahan Covid-19 di tingkatan desa.

“Dengan kegiatan ini kita bisa langsung berkomunikasi dengan masyarakat dan aparat desa sehingga informasi yg diperoleh bisa lebih akurat,” ungkap Paputungan saat dikonfirmasi media ini, Kamis (02/09/2021).

Lanjut Paputungan pada kegiatan tersebut pihaknya memberitahu bahwa saat ini seluruh wilayah Indonesia mengalami krisis Pandemi COVID-19. Sehingganya perlu ada kepedulian dari semua pihak, termasuk masyarakat disetiap desa dan didukung oleh forkopimkab, Dinas terkait, serta seluruh pihak lainnya di Kabupaten setempat

“Bahkan saat ini TNI/Polri telah menyiagakan tenaga kesehatan diantaranya telah dilatih menjadi tenaga vaksinator dan saat ini masih fokus menjalankan vaksinasi nasional dan penerapan prokes,” ujarnya.

Paputungan mengungkapkan saat ini Bolmut masuk dalam PPKM Mikro level 3. Sehingganya sebagai wujud keseriusan Pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 serta mendukung program vaksinasi nasional pihaknya terus berinovasi dalam menanggulangi hal ini, termasuk melaksanakan kegiatan FGD dengan melibatkan pihak Polres Bolmut.

“Kami berharap melalui kegiatan ini bisa terjalin hubungan kerjasama yang baik terutama dalam menyatukan persepsi untuk satu tujuan yakni mencari jalan keluar dalam menghadapi permasalahan Covid-19 di wilayah Bolmut. Termasuk upaya dalam memberikan dan meningkatkan kesadaran masyarakat untukmentaati peraturan pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Kapolres Bolmut AKBP Wahyu Purwidiarso melalui Wakapolres Kompol Kerry Utiarahman dalam kegiatan tersebut menyampaikan keikutsertaan pihaknya dalam kegiatan FDG ini untuk melakukan koordinasi antar stakeholder terkait sehingga terjalin komunikasi guna memperkuat sinergi dalam upaya bersama tangani dampak Covid-19. Bahkan sebagai keseriusan pihak Polri dalam menangani persoalan ini pihaknya juga telah meningkatkan Sumber Daya Manusia yang ada di tubuh Polri.

“Saat ini kita juga telah melatih tenaga kesehatan yang ada sebagai sebagai vaksinator dan Bhabinkamtibmas sebagai tracer. Hal ini merupakan komitmen Polri dalam melaksanakan dan mengawal program vaksinasi nasional serta seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” ungkapnya kepada media ini.

Kompol Kerry juga menunuturkan adanya langkah bersama ini diperlukan kedisiplinan dan dukungan dari seluruh elemen masyarakat luas dalam upaya melaksanakan strategi penanganan dampak penyebaran wabah, sehingga tidak ada lagi kluster-kluster baru.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat agar selalu mentaati protokol kesehatan dan selalu menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing. Ayo kita lawan virus ini dengan keseriusan kita mentaati prokes yang ada,” cetusnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakapolres Bolmut Kompol. Kerry utiarahman, Kasat Binmas Iptu Ferly Mengko, Kabag Ops Polres Bolmut Kompol Samuel Kayangan, Kapolsek Pinogaluman Ipda Indrawan Mamonto, Camat Pinogaluman Irawati Mooduto, Kasie Promkes Dan Staf Dinas Kesehatan Bolmut, kepala desa dan para toko toko masyarakat.

(Abstrak.id)

  • Bagikan
Bebas
%d blogger menyukai ini: